Langsung ke konten utama

DASAR-DASAR PUBLIC RELATION

DASAR-DASAR PUBLIC RELATION



     Dasar-dasar public relations merupakah salah satu mata kuliah dari program studi ilmu komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitass Stisipol Candradimuka Palembang, mempelajari tentang PR (public relations), mulai dari pengertian PR, sejarah munculnya, dan bagaimana identitas, citra dan reputasi perusahaan, serta opini public dalam peusahaan semuanya itu berhubungan dalam mata kuliah dasar-dasar public relations. Dan masih banyak lagi materi-materi lainnya.

Publik Relations 
       Pengertian public relations, menurut salah satu ahli yaitu Denny Griswold PR adalah suatu fungsi manajemen yang menilai sikap publik, menunjukkan kebijaksanaan dan prosedur individu. Masih banyak lagi pengertian atau definisi tentang PR menurut para ahli. Tapi inti dari PR sebenarnya adalah fungsi manajemen, terus bagaimana dengan HUMAS, apakah HUMAS dan PR sama? Humas singkatan dari hubungan masyarakat dan arti Bahasa Indonesia dari Public Realtions, jadi bisa dikatakan bahwa humas dan PR sama, tetapi di setiap persamaan pasti ada perbedaan.



Sejarah PR
        Dalam sejarahnya istilah Public Relations sebagai sebuah teknik menguat dengan adanya aktivitas yang dilakukan oleh pelopor Ivy Ledbetter Lee yang tahun 1906 berhasil menanggulangi kelumpuhan industri batu bara di Amerika Serikat dengan sukes. Atas upayanya ini ia diangkat menjadi The Father of Public Relations. Selain itu ada juga salah satu yang disebut sebagai The Father of Public Relations  yaitu Edward Louis James Bernays, tahun 1891-1995. dia adalah orang pertama yang menyakinkan bahwa Public Relations merupakan urusan eksekutif dan membuat puluhan buku tentang Public Relations, membuat konsep-konsep PR modern yang diikuti sampai sekarang.

Tujuan, Fungsi dan Tugas Seorang PR
        fungsi dan tugas sebagai public relations yaitu untuk mengubah citra umum di mata masyarakat sehubungan dengan adanya kegiatan-kegiatan baru yang dilakukan perusahaan, untuk meningkatkan bobot kualitas para calon pegawai, dan untuk menyebarluaskan suatu cerita sukses yang telah dicapai oleh perusahaan kepada masyarakat dalam rangka mendapatkan pengakuan.


PR merupakan fungsi manajemen khusus yang membantu pembentukan dan pemeliharaan garis komunikasi dua arah, saling pengertian, penerimaan dan kerja sama antara organisasi dan masyarakatnya, yang melibatkan manajemen problem, membantu manajemen untuk selalu mendapat informasi dan merespon pendapat umum, mendefinisi dan menekankan tanggung jawab manajemen dalam melayani kepentingan masyarakat, membantu manajemen mengikuti dan memanfaatkan perubahan dengan efektif, berfungsi sebagai sistem peringatan awal untuk membantu mengantisipasi kecenderungan, dan menggunakan riset serta komunikasi yang masuk akal dan etis sebagai sarana utamanya”

UNSUR-UNSUR DEFINISI PR
1.    Melaksanakan program terencana dan berkelanjutan sebagai bagian dari manajemen
2.   Menangani hubungan antara organisasi dan masyarakatnya.
3.   Memantau kesadaran, pendapat, sikap dan perilaku di dalam dan di luar organisasi.
4.   Menganalisa dampak kebijaksanaan, prosedur dan tindakan terhadap masyarakat.
5.   Menyesuaikan kebijaksanaan, prosedur dan tindakan yang diketahui bertentangan dengan kepentingan masyarakat dan kelangsungngan hidup organisasi.
6.   Memberi anjuran kepada manajemen perihal pembentukan kebijaksanaan, prosedur dan tindakan baru yang saling menguntungkan terhadap organisasi dan masyarakatnya.
7.   Membentuk dan mengelola komunikasi dua arah antara organisasi dan masyarakatnya.
8.   Menghasilkan perubahan khusus dalam hal kesadaran, pendapat, sikap dan perilaku di dalam dan di luar organisasi.
9.   Menghasilkan hubungan yang baru &/ terpelihara antara organisasi dan masyarakatnya.

FUNGSI PR
1.    Menunjang aktifitas utama manajemen dalam mencapai tujuan bersama.
2.   Membina hubg yang harmonis antara badan dg publiknya
3.   Mengidentifikasi segala sesuatu yang berkaitan dengan opini, persepsi dan tanggapan masyarakat terhadap organisasi.
4.   Melayani keinginan publik dan memberikan sumbang saran kpd pimpinan manajemen
5.       Menciptakan komunikasi dua arah dan mengatur arus informasi, publikasi serta pesan dari organisasi ke publiknya

 
Mengenal Identitas, citra dan reputasi perusahaan
 Reputasi adalah penilaian yang diberikan, baik oleh pihak internal maupuk pihak eksternal organisasi. Pihak internal sebuah organisasi merupakan wujud dari identitas. Semakin baik kinerja dan kualitas diri internal, semakin baik identitas organisasi dimata publik. Jadi, reputasi merupakan perpaduan antara identitas dan citra yang sudah terbangun. Selain itu, reputasi juga berkaitan dengan kepercayaan yang mahal harganya.

.Apa itu Publik Serta Hubungan Internal dan Eksternal Public Relations

          Hubungan internal dimaksud disini adalah hubungan karyawan dan hubungan antar pemegang saham. Hubungan dengan publik eksternal tidak bisa berjalan dengan baik apabila hubungan dengan karyawan tidak dibina dengan baik. Sedangkan bagian hubungan pemegang saham dalam PR menangani daftar para analis, dengan mempergunakan Directory of Membership yang diterbitkan oleh Institute of Chartered Financial Analyst untuk lembaga-lembaga yang bergabung dengan institute tersebut.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

INTERNAL RELATIONS

HUBUNGAN INTERNAL Public Relations yang di Indonesia secara umum diterjemahkan menjadi Hubungan Masyarakat, sebenarnya baru dikenal pada abad ke-20, namun gejalanya sudah tamapk sejak abad-abad sebelumnya, bahkan sejak manusia masih primitif. Unsur-unsur dasarnya memberi informasi, membujuk, dan mengintegrasikan khalayak selalu tampak dalam kehidupan masyarakat zaman dahulu. Gejala tersebut terlihat pada adanya hubungan yang harmonis diantara individu-individu, individu dengen kelompok, ataupun antar kelompok, di dalam pergaulan mereka. INTERNAL PUBLIC RELATIONS Sudah tentu suasana di dalam badan atau perusahaan menjadi target dari tugas Internal Public Relations, terutama suasana diantara para karyawannya yang mempunyai hubungan langsung dengan perkembangan badan atau perusahannya. Kegiatan Public Relations (PR) ke dalam perusahaan tersebut diperlukan untuk memupuk adanya suasana yang menyenangkan di antara para karyawannya, komunikasi antara bawahan dan pimpinan atau ...