DASAR-DASAR PUBLIC RELATION
Dasar-dasar
public relations merupakah salah satu mata kuliah dari program studi ilmu
komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitass Stisipol
Candradimuka Palembang, mempelajari tentang PR (public relations), mulai dari
pengertian PR, sejarah munculnya, dan bagaimana identitas, citra dan reputasi
perusahaan, serta opini public dalam peusahaan semuanya itu berhubungan dalam
mata kuliah dasar-dasar public relations. Dan masih banyak lagi materi-materi
lainnya.
Publik Relations
Pengertian public relations,
menurut salah satu ahli yaitu Denny Griswold PR adalah suatu fungsi manajemen
yang menilai sikap publik, menunjukkan kebijaksanaan dan prosedur individu.
Masih banyak lagi pengertian atau definisi tentang PR menurut para ahli. Tapi
inti dari PR sebenarnya adalah fungsi manajemen, terus bagaimana dengan HUMAS,
apakah HUMAS dan PR sama? Humas singkatan dari hubungan masyarakat dan arti
Bahasa Indonesia dari Public Realtions, jadi bisa dikatakan bahwa humas dan PR
sama, tetapi di setiap persamaan pasti ada perbedaan.Sejarah PR
Dalam sejarahnya istilah Public Relations sebagai sebuah teknik menguat dengan adanya aktivitas yang dilakukan oleh pelopor Ivy Ledbetter Lee yang tahun 1906 berhasil menanggulangi kelumpuhan industri batu bara di Amerika Serikat dengan sukes. Atas upayanya ini ia diangkat menjadi The Father of Public Relations. Selain itu ada juga salah satu yang disebut sebagai The Father of Public Relations yaitu Edward Louis James Bernays, tahun 1891-1995. dia adalah orang pertama yang menyakinkan bahwa Public Relations merupakan urusan eksekutif dan membuat puluhan buku tentang Public Relations, membuat konsep-konsep PR modern yang diikuti sampai sekarang.
Tujuan, Fungsi
dan Tugas Seorang PR
fungsi dan tugas sebagai
public relations yaitu untuk mengubah citra umum di mata masyarakat sehubungan
dengan adanya kegiatan-kegiatan baru yang dilakukan perusahaan, untuk
meningkatkan bobot kualitas para calon pegawai, dan untuk menyebarluaskan suatu
cerita sukses yang telah dicapai oleh perusahaan kepada masyarakat dalam rangka
mendapatkan pengakuan.
PR merupakan fungsi manajemen khusus
yang membantu pembentukan dan pemeliharaan garis komunikasi dua arah, saling
pengertian, penerimaan dan kerja sama antara organisasi dan masyarakatnya, yang
melibatkan manajemen problem, membantu manajemen untuk selalu mendapat
informasi dan merespon pendapat umum, mendefinisi dan menekankan tanggung jawab
manajemen dalam melayani kepentingan masyarakat, membantu manajemen mengikuti
dan memanfaatkan perubahan dengan efektif, berfungsi sebagai sistem peringatan
awal untuk membantu mengantisipasi kecenderungan, dan menggunakan riset serta
komunikasi yang masuk akal dan etis sebagai sarana utamanya”
UNSUR-UNSUR DEFINISI
PR
1. Melaksanakan program terencana dan berkelanjutan
sebagai bagian dari manajemen
2. Menangani hubungan antara organisasi dan
masyarakatnya.
3. Memantau kesadaran, pendapat, sikap dan perilaku di
dalam dan di luar organisasi.
4. Menganalisa dampak kebijaksanaan, prosedur dan
tindakan terhadap masyarakat.
5. Menyesuaikan kebijaksanaan, prosedur dan tindakan yang
diketahui bertentangan dengan kepentingan masyarakat dan kelangsungngan hidup
organisasi.
6. Memberi anjuran kepada manajemen perihal pembentukan
kebijaksanaan, prosedur dan tindakan baru yang saling menguntungkan terhadap
organisasi dan masyarakatnya.
7. Membentuk dan mengelola komunikasi dua arah antara
organisasi dan masyarakatnya.
8. Menghasilkan perubahan khusus dalam hal kesadaran,
pendapat, sikap dan perilaku di dalam dan di luar organisasi.
9. Menghasilkan hubungan yang baru &/ terpelihara
antara organisasi dan masyarakatnya.
1. Menunjang aktifitas utama manajemen dalam mencapai
tujuan bersama.
2. Membina hubg yang harmonis antara badan dg publiknya
3. Mengidentifikasi segala sesuatu yang berkaitan dengan
opini, persepsi dan tanggapan masyarakat terhadap organisasi.
4. Melayani keinginan publik dan memberikan sumbang saran
kpd pimpinan manajemen
5. Menciptakan komunikasi dua arah dan mengatur arus
informasi, publikasi serta pesan dari organisasi ke publiknya
Mengenal Identitas, citra dan reputasi perusahaan
Reputasi adalah penilaian yang diberikan, baik oleh pihak internal maupuk pihak eksternal organisasi. Pihak internal sebuah organisasi merupakan wujud dari identitas. Semakin baik kinerja dan kualitas diri internal, semakin baik identitas organisasi dimata publik. Jadi, reputasi merupakan perpaduan antara identitas dan citra yang sudah terbangun. Selain itu, reputasi juga berkaitan dengan kepercayaan yang mahal harganya.
.Apa itu Publik Serta Hubungan Internal dan Eksternal Public Relations

Komentar
Posting Komentar