“ pembicaraaan dengan orang lain dengan maksud untuk mencapasi kesepakatan,untuk mengatur, atau untuk menggemukakan”
Negosiasi adalah sebuah proses yang terjadi antara
dua pihak atau lebih, yang pada mulanya memiliki pemikiran yang berbeda hingga
pada akhirnya mencapai kesepakatan bersama. Negosiasi bisa terjadi karena
adanya konflik dan lobbying ada didalamnya untuk mengurangi konflik.
Fungsi
Negosiasi:
–
Mencapai kesepakatan bersama
–
Mengubah pendapat orang lain
–
Meyakinkan pihak lain
–
Terkait 4 kuadran negosiasi
·
Negoisasi menghasilkan kesepakatan
·
Negoisasi menghasilkan keputusan yang saling menguntngkna
·
Negoisai merupakasn sarana untuk mencari penyelesaian
·
Negoisasi mengarah mengarah kepada tujuan prakits
·
Negoisasi memmprioridaskasn kepentingan bersama
·
Unruk mendapakan kan atau mencakata sepakat yang mendukug kebersamsn presepsi
,saling pengertian dan persetujuan
·
Unruk mendapakan kan atau mencapai koondisi penyelesaian atau jalan keluar dari
masala yang dihadapi bersama
·
Untuk mendapatkan atau mencapai kondisi saling menguntungkan dimana masing
–masiiing pihak merasa menang ( win-win solution)
· - Moving against ( pushing )
· - Moving with (pulling)
· - Moving away ( withdrawing)
· - Not moving ( letting be)
·
Persaingan : tentukan secara jelas alternative apa yang ingin di capai dalam
negoisasi
·
Pembukaan : tentukan atmosfer atau suasa yang menunjukan bahwa anda adadlah
pribadi yang pleasant( menyenangkan) assertive ( tegas) dan (teguuh pendirian)
Lobi adalah suatu upaya pendekatan yang dilakukan untuk
mempengaruhi dengan tujuan kepentingan tertentu.. Pada tahap lobi, pelobi tidak
memutuskan. Lobi dilakukan dengan cara baik ataupun kini dengan cara tidak baik
Fungsi Lobi:
–
Lobi sebagai pembuka jalan bernegosiasi, kalau ada respon
–
Mempengaruhi pengambilan keputusan
Hubungan antara
Komunikasi dengan Teknik Lobi dan Negosiasi
–
Segala sesuatu yang kita kerjakan adalah komunikasi.
–
Cara kita memulai pesan sering menentukan hasil komunikasi
–
Cara pesan disampaikan selalu berpengaruh terhadap cara pesan itu diterima
–
Komunikasi yang sesungguhnya adalah pesan yang diterima, bukan
pesan yang dimaksudkan.
–
Komunikasi adalah jalan dua arah , kita harus memberi sekaligus menerima.
–
Komunikasi bukanlah tindakan menyampaikan informasi melainkan representasi
keyakinan bersama (shared belief).
Jadi, berdasarkan definisi diatas maka dalam
praktiknya komunikasi sangat berguna dalam teknik negosiasi dan lobi.
Kuadran Negosiasi
|
Tipe
|
Pihak 1
|
Pihak 2
|
Hasil
|
|
Kolaborasi
|
Menang
|
Menang
|
Win Win
|
|
Dominasi
|
Menang
|
Kalah
|
Win Lose
|
|
Akomodasi
|
Kalah
|
Menang
|
Lose Win
|
|
Kompromi
|
Kalah
|
Kalah
|
Lose Lose
|
Filosofi
serta tokoh dalam Lobi dan Negosiasi
– John F. Kenedy, “Jangan pernah bernegosiasi
karena takut, Tetapi jangan pernah takut untuk bernegosiasi”
– Socrates, ”Dalam sebuah negosiasi, Never Say
No”
– Frances Beacon, “Kearifan lebih penting
daripada kefasikan”
– Peribahasa Cina, “Siapa yang berjalan lambat,
maka akan berhasil”

Komentar
Posting Komentar