pada tanggal 12 februari 2019 di adakan
acara SEMINAR BROADCASTING RADIO berkerja sama denag GENPI SUMSEL, acara
tersebut juga untuk merayakan ulang tahun radio ELSHINTA yang ke -19 tahun.
dalam seminar itu jang di adakan
lomba-lomba di antaranya.
- membaca berita radio
- lomba vlog
- dan game yang sangat menyenangkan
Elshinta sendiri memiliki jaringan dan
jangkauan siaran yang luas, tersebar dari Sabang sampai Merauke. Karena itu,
Elshinta dalam menghadirkan reportase on the air tak lagi mencakup wilayah
Jakarta saja tapi juga menyajikan berita dari seluruh wilayah Indonesia.
Kunci sukses Strategi menjaring audiens di
Radio Elshinta pada umumnya di topang oleh lima indikator, yaitu brand, luasnya
jangkauan siaran, aktual dan faktualitas informasi, program siaran, dan
profesionalitas announcer
1. Brand
Radio Elshinta di masa Orde Baru lebih
dikenal sebagai radio musik atau radio yang banyak menyajikan program hiburan.
Namun sejak bergulirnya reformasi 1998, Radio Elshinta berganti wajah menjadi
radio yang berorientasi pada penyajian informasi atau sebagai radio berita.
Sejak itulah, brand Elshinta sebagai radio informasi atau radio berita mulai
dikenal banyak orang. Tak ayal, di era informasi sekarang ini, elshinta lebih
menjadi rujukan prioritas masyarakat dalam memburu informasi-informasi akurat.
Bila dibandingkan dengan radio lain seperti
Radio Republik Indonesia (RRI), Elshinta masih mendominasi sajian berita atau
informasi. Karena itulah, radio dengan slogan News and Talk ini mampu menyerap
sebagaian besar perhatian masyarakat di pasar industri informasi. Intinya,
brand sebagai radio informasi atau radio berita sudah melekat pada Elshinta.
Sapaan Elshinta kepada pendengarnya adalah "pendengar", .
2. Luasnya Jangkauan Siaran
Luasnya jangkauan siaran radio Elshinta,
menjadi salah satu daya tarik tersendiri jika dibandingkan dengan radio-radio
lain yang hanya mampu menjangkau pendengarnya dengan frekuensi terbatas.
Jangkauan luas Elshinta telah mencapai seantero Indonesia,
Memanfaatkan jangkauan siaran yang luas,
Elshinta juga bekerjasama dengan radio-radio lokal daerah. Realitas kerjasama
biasanya dalam bentuk relay berita. Radio-radio lokal yang me-relay berita dari
Elshinta biasanya dilakukan dalam jangka waktu tertentu (1-2 jam sehari) atau
seharian penuh radio lokal me-relay berita dari Elshinta. Pada intinya, dengan
luas jangkauan siaran, radio Elshinta makin dikenal masyarakat luas, yang
akhirnya menjelma menjadi radio besar.
3. Aktual dan Faktualitas Informasi
Sesuai dengan sifat dasar radio yaitu lebih
cepat dalam penyajian informasi, maka Elshinta sangat memegang teguh hal
tersebut. Sebagai radio berita, kita bisa melihat spirit dari Elshinta dalam
penyajian berita. Penyajian berita Elshinta tidak hanya mengandalkan reporter
atau wartawannya saja, namun pendengar pun diikutsertakan dalam pelaporan
informasi.
4. Program Siaran
Strategi merebut audiens yang sangat
krusial bagi Elshinta yaitu terletak pada sajian-sajian program. Sajian program
yang menarik dan mampu membuat pendengar menjadi aktif pada tiap kali siaran
adalah strategi yang cukup ampuh menarik perhatian pendengar. Dalam hal ini,
Elshinta turut membuat program-program siarannya menjadi menarik dan menitikkan
kekuatan program tersebut kepada pendengar. Elshinta berusaha membuat
pendengarnya menjadi aktif, bukan pasif dengan suguhan informasi dari Elshinta

Komentar
Posting Komentar