Langsung ke konten utama

SEMINAR BROCESTING

pada tanggal 12 februari 2019 di adakan acara SEMINAR BROADCASTING RADIO berkerja sama denag GENPI SUMSEL, acara tersebut juga untuk merayakan ulang tahun radio ELSHINTA yang ke -19 tahun.
dalam seminar itu jang di adakan lomba-lomba di antaranya.
- membaca berita radio
- lomba vlog
- dan game yang sangat menyenangkan
Elshinta sendiri memiliki jaringan dan jangkauan siaran yang luas, tersebar dari Sabang sampai Merauke. Karena itu, Elshinta dalam menghadirkan reportase on the air tak lagi mencakup wilayah Jakarta saja tapi juga menyajikan berita dari seluruh wilayah Indonesia.
Kunci sukses Strategi menjaring audiens di Radio Elshinta pada umumnya di topang oleh lima indikator, yaitu brand, luasnya jangkauan siaran, aktual dan faktualitas informasi, program siaran, dan profesionalitas announcer
1. Brand
Radio Elshinta di masa Orde Baru lebih dikenal sebagai radio musik atau radio yang banyak menyajikan program hiburan. Namun sejak bergulirnya reformasi 1998, Radio Elshinta berganti wajah menjadi radio yang berorientasi pada penyajian informasi atau sebagai radio berita. Sejak itulah, brand Elshinta sebagai radio informasi atau radio berita mulai dikenal banyak orang. Tak ayal, di era informasi sekarang ini, elshinta lebih menjadi rujukan prioritas masyarakat dalam memburu informasi-informasi akurat.
Bila dibandingkan dengan radio lain seperti Radio Republik Indonesia (RRI), Elshinta masih mendominasi sajian berita atau informasi. Karena itulah, radio dengan slogan News and Talk ini mampu menyerap sebagaian besar perhatian masyarakat di pasar industri informasi. Intinya, brand sebagai radio informasi atau radio berita sudah melekat pada Elshinta. Sapaan Elshinta kepada pendengarnya adalah "pendengar", .
2. Luasnya Jangkauan Siaran
Luasnya jangkauan siaran radio Elshinta, menjadi salah satu daya tarik tersendiri jika dibandingkan dengan radio-radio lain yang hanya mampu menjangkau pendengarnya dengan frekuensi terbatas. Jangkauan luas Elshinta telah mencapai seantero Indonesia,
Memanfaatkan jangkauan siaran yang luas, Elshinta juga bekerjasama dengan radio-radio lokal daerah. Realitas kerjasama biasanya dalam bentuk relay berita. Radio-radio lokal yang me-relay berita dari Elshinta biasanya dilakukan dalam jangka waktu tertentu (1-2 jam sehari) atau seharian penuh radio lokal me-relay berita dari Elshinta. Pada intinya, dengan luas jangkauan siaran, radio Elshinta makin dikenal masyarakat luas, yang akhirnya menjelma menjadi radio besar.
3. Aktual dan Faktualitas Informasi
Sesuai dengan sifat dasar radio yaitu lebih cepat dalam penyajian informasi, maka Elshinta sangat memegang teguh hal tersebut. Sebagai radio berita, kita bisa melihat spirit dari Elshinta dalam penyajian berita. Penyajian berita Elshinta tidak hanya mengandalkan reporter atau wartawannya saja, namun pendengar pun diikutsertakan dalam pelaporan informasi.
4. Program Siaran
Strategi merebut audiens yang sangat krusial bagi Elshinta yaitu terletak pada sajian-sajian program. Sajian program yang menarik dan mampu membuat pendengar menjadi aktif pada tiap kali siaran adalah strategi yang cukup ampuh menarik perhatian pendengar. Dalam hal ini, Elshinta turut membuat program-program siarannya menjadi menarik dan menitikkan kekuatan program tersebut kepada pendengar. Elshinta berusaha membuat pendengarnya menjadi aktif, bukan pasif dengan suguhan informasi dari Elshinta

Komentar

Postingan populer dari blog ini

INTERNAL RELATIONS

HUBUNGAN INTERNAL Public Relations yang di Indonesia secara umum diterjemahkan menjadi Hubungan Masyarakat, sebenarnya baru dikenal pada abad ke-20, namun gejalanya sudah tamapk sejak abad-abad sebelumnya, bahkan sejak manusia masih primitif. Unsur-unsur dasarnya memberi informasi, membujuk, dan mengintegrasikan khalayak selalu tampak dalam kehidupan masyarakat zaman dahulu. Gejala tersebut terlihat pada adanya hubungan yang harmonis diantara individu-individu, individu dengen kelompok, ataupun antar kelompok, di dalam pergaulan mereka. INTERNAL PUBLIC RELATIONS Sudah tentu suasana di dalam badan atau perusahaan menjadi target dari tugas Internal Public Relations, terutama suasana diantara para karyawannya yang mempunyai hubungan langsung dengan perkembangan badan atau perusahannya. Kegiatan Public Relations (PR) ke dalam perusahaan tersebut diperlukan untuk memupuk adanya suasana yang menyenangkan di antara para karyawannya, komunikasi antara bawahan dan pimpinan atau ...