Langsung ke konten utama

MANAJEMEN KRISIS



Manajeen krisis dapat dilakukan dengan menggunakan perencanaan strategic dan manajemen risiko. Setiap krisis harus dihadapi secara serius oleh pimpinan dan disampaikan kepada public secara jujur. Pemimpin harus dapat belajar dari setiap krisis yang terjadi.                                                                                                                                      
banyak perusahaan yang sudah memiliki manual crisis plan atau petunjuk menghadapi krisis. Hal ini penting untuk membantu mengidentifikasi kemungkinan terjadinya krisis.

Ada tiga jenis krisis dalam usaha yaitu :
a)      Krisis Keuangan
Krisis keuangan adalah krisis yang terjadi karena perusahaan mempunyai masalah cashflow atau likuiditas jangka pendek dan kemungkinan pailit di masa mendatang.
b)      Krisis Public Relations
Krisis public relations sering disebut krisis komunikasi, terjadi karena pemberitaan negative yang kemudian berimbas buruk pada bisnis perusahaan. Pemberitaan media atau isu buruk yang beredar bisa jadi benar atau mungkin saja tidak, tetapi berpotensi memengaruhi citra seseorang atau perusahaan. Salah satu tugas PR adalah mengklarifikasi pemberitaan di media yang tidak seimbang atau yang memojokkan perusahaan.
c)      Krisis Strategi
Krisis strategi adalah perubahan dalam lingkungan bisnis yang mengakibatkan kelangsungan hidup perusahaan menjadi terganggu. Perusahaan sebaiknya harus selalu memiliki rencana dalam menghadapi krisis dan menghindari keputusan yang justru membuat perusahaan terperosok lebih jauh dalam krisis.
pencegahan krisis tidak berhasil, maka 6 langkah berikut sebaiknya diambil dengan cara :
-  Melakukan penilaian objektif terhadap penyebab krisis
-  Menentukan apakah penyebab terjadinya krisis memiliki dampak panjang atau sesaat
-  Perhitungkan setiap kejadian dalam krisis dengan cermat sehingga setiap peristiwa yang terjadi dapat diantisipasi dengan baik
-  Memusatkan perhatian pada upaya menyelesaikan masalah
-  Menfaatkan setiap peluang yang ada untuk memperbaiki keadaan
-  Segera bertindak untuk melindungi cash flow perusahaan


Keterbukaan informasi yang merupakan hasil dari pemberitaan media, sering kali memengaruhi jalannya bisnis perusahaan dan dapat memberikan dampak negative dalam hal keuangan, politik dan hukum.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

INTERNAL RELATIONS

HUBUNGAN INTERNAL Public Relations yang di Indonesia secara umum diterjemahkan menjadi Hubungan Masyarakat, sebenarnya baru dikenal pada abad ke-20, namun gejalanya sudah tamapk sejak abad-abad sebelumnya, bahkan sejak manusia masih primitif. Unsur-unsur dasarnya memberi informasi, membujuk, dan mengintegrasikan khalayak selalu tampak dalam kehidupan masyarakat zaman dahulu. Gejala tersebut terlihat pada adanya hubungan yang harmonis diantara individu-individu, individu dengen kelompok, ataupun antar kelompok, di dalam pergaulan mereka. INTERNAL PUBLIC RELATIONS Sudah tentu suasana di dalam badan atau perusahaan menjadi target dari tugas Internal Public Relations, terutama suasana diantara para karyawannya yang mempunyai hubungan langsung dengan perkembangan badan atau perusahannya. Kegiatan Public Relations (PR) ke dalam perusahaan tersebut diperlukan untuk memupuk adanya suasana yang menyenangkan di antara para karyawannya, komunikasi antara bawahan dan pimpinan atau ...