RISET PR
Peran seorang (PR) Public Relations saat ini
sangat penting dalam sebuah institusi atau perusahaan. Public relations dalam
perusahaan merupakan ujung tombak sehingga perannya menjadi sangat penting dan strategi.
Menciptakan
citra positif bagi sebuah institusi atau perusahaan, peran PR juga dilibatkan
dalam banyak hal seperti pembuatan strategi maupun program-program
menarik untuk mampu bersaing dan tetap eksis baik dalam sebuah lembaga yang
berorientasi profit maupun pelayanan pada masyarakat atau nonprofit.
Manfaat menggunakan riset untuk PR :
a. Mencapai kredibilitas dengan
manajemen
b.
Menetapkan audiens dan segmen public c. Merumuskan strategi
d. Pesan/copy writing
e. Membantu manajemen keep in touch
f.
Mencegah krisis
g. Memantau
kompetisi
h. Pengaruh
opini public
i. Menghasilakan publisitas
j.
Mengukur kesuksesan
PR dalam melaksanakan fungsi-fungsi tersebut dalam
sebuah perusahaan sangat penting bagi seorang menggunakan penelitian atau riset
untuk mendukung fungsi atau tugas yang ada. riset merupakan bagian integral
dari perencanaan, pengembangan program, dan proses evaluasi. Penelitian atau
riset dalam PR bertujuan untuk memperoleh data-data akurat sesuai fakta
dilapangan.
Berikut
beberapa teknik untuk melakukan riset :
1. Materialorganisasi
2. Metodoe kepustakaan
3.
Sumber daya online
4. Jaringan
online
5.
Intword wide
6.
Wawancara
7.
Pemusatan kelompok
8. Uji coba
efektifitas pesan/copy testing
9. Samplin ilmiah
10.
Prosedur sampling secara acak
Peran Riset dalam pekerjaan PR sangat penting.
Proses manajemen PR diawali oleh penelitian (riset) . Seandainya pihak manajemen organisasi merasa bahwa program PR yang
dijalankan belum mencapai target optimal yang diinginkan ada kemungkinan
praktisi PR akan melakukan revisi terhadapprogram yang dijalankan dan kembali
harus melalui tahapan dalam proses manajemen PR tersebut.
Hal ini dapat dikatakan bahwa sesungguhnya proses
manajemen PR merupakan sebuah siklus atau aktifitas terus menerus yang
dijalankan oleh praktisi PR dalam rangkka mendukung tercapainya objektif
organisasi.
Penelitian dalam PR harus continue secara periodic
menevaluasi proses dan lingkungan serta menyediakan informasi baru untuk
mengelolanya. Kegagalan dan keberhasilan program PR yang dijalankan akan
menjadi sumber informasi untuk perencanaan berikutnya.

Komentar
Posting Komentar