Langsung ke konten utama

RISET PUBLIC RELATONS


RISET PR

Peran seorang (PR) Public Relations saat ini sangat penting dalam sebuah institusi atau perusahaan. Public relations dalam perusahaan merupakan ujung tombak sehingga perannya menjadi sangat penting dan strategi.

Menciptakan citra positif bagi sebuah institusi atau perusahaan, peran PR juga dilibatkan dalam  banyak hal seperti pembuatan strategi maupun program-program menarik untuk mampu bersaing dan tetap eksis baik dalam sebuah lembaga yang berorientasi profit maupun pelayanan pada masyarakat atau nonprofit.



Manfaat menggunakan  riset untuk PR :
a.     Mencapai kredibilitas dengan manajemen                                      
b.     Menetapkan audiens dan segmen public                                      c.     Merumuskan strategi             
d.     Pesan/copy writing                                                                      
e.     Membantu manajemen keep in touch                                            
f.     Mencegah krisis                                                                          
g.     Memantau kompetisi                                                                     
h.     Pengaruh opini public                                                                    
i.     Menghasilakan publisitas                                                              
j.    Mengukur kesuksesan

PR dalam melaksanakan fungsi-fungsi tersebut dalam sebuah perusahaan sangat penting bagi seorang menggunakan penelitian atau riset untuk mendukung fungsi atau tugas yang ada. riset merupakan bagian integral dari perencanaan, pengembangan program, dan proses evaluasi. Penelitian atau riset dalam PR bertujuan untuk memperoleh data-data akurat sesuai fakta dilapangan.       

 Berikut beberapa teknik untuk melakukan riset :     

1.      Materialorganisasi                                                                      
2.      Metodoe kepustakaan                                                                  
3.      Sumber daya online                                                                   
4.      Jaringan online                                                                            
5.      Intword wide                                                                              
6.      Wawancara                                                                                  
7.      Pemusatan kelompok                                                                   
8.      Uji coba efektifitas pesan/copy testing                                      
9.      Samplin ilmiah                                                                            
10.     Prosedur sampling secara acak   
   

Peran Riset dalam pekerjaan PR sangat penting. Proses manajemen PR diawali oleh penelitian (riset) . Seandainya pihak manajemen organisasi merasa bahwa program PR yang dijalankan belum mencapai target optimal yang diinginkan ada kemungkinan praktisi PR akan melakukan revisi terhadapprogram yang dijalankan dan kembali harus melalui tahapan dalam proses manajemen PR tersebut.      


Hal ini dapat dikatakan bahwa sesungguhnya proses manajemen PR merupakan sebuah siklus atau aktifitas terus menerus yang dijalankan oleh praktisi PR dalam rangkka mendukung tercapainya objektif organisasi.

Penelitian dalam PR harus continue secara periodic menevaluasi proses dan lingkungan serta menyediakan informasi baru untuk mengelolanya. Kegagalan dan keberhasilan program PR yang dijalankan akan menjadi sumber informasi untuk perencanaan berikutnya.                     

Komentar

Postingan populer dari blog ini

INTERNAL RELATIONS

HUBUNGAN INTERNAL Public Relations yang di Indonesia secara umum diterjemahkan menjadi Hubungan Masyarakat, sebenarnya baru dikenal pada abad ke-20, namun gejalanya sudah tamapk sejak abad-abad sebelumnya, bahkan sejak manusia masih primitif. Unsur-unsur dasarnya memberi informasi, membujuk, dan mengintegrasikan khalayak selalu tampak dalam kehidupan masyarakat zaman dahulu. Gejala tersebut terlihat pada adanya hubungan yang harmonis diantara individu-individu, individu dengen kelompok, ataupun antar kelompok, di dalam pergaulan mereka. INTERNAL PUBLIC RELATIONS Sudah tentu suasana di dalam badan atau perusahaan menjadi target dari tugas Internal Public Relations, terutama suasana diantara para karyawannya yang mempunyai hubungan langsung dengan perkembangan badan atau perusahannya. Kegiatan Public Relations (PR) ke dalam perusahaan tersebut diperlukan untuk memupuk adanya suasana yang menyenangkan di antara para karyawannya, komunikasi antara bawahan dan pimpinan atau ...