Langsung ke konten utama

“ 4 Skripsi Mahasiswa Ilmu komunikasi STISIPOL CANDRADIMUKA Dengan periode Penelitian Kualitatif Tahun 2015 - 2020 Keren Menurut Suprianto Nugroho “

 

“ 4 Skripsi Mahasiswa Ilmu komunikasi  STISIPOL CANDRADIMUKA Dengan periode Penelitian Kualitatif  Tahun 2015 - 2020 Keren Menurut Suprianto Nugroho  

 

 makalah mata kuliah "Ilmu Komunikasi ". Makalah ini adalah salah satu tugas mata kulia Metode Penelitian Komunikasi Kualitatif Fakultas Universitas Stisipol Candradimuka . saya sebagai penulis mengucapkan banyak terima kasih kepada Sumarai Bayu Anita, S.Sos., M.A  selaku dosen mata kuliah  Penelitian kualitatif yang memberikan  arahan selama penulisan makalah ini. Penulis menyadari bahwa masih banyak kekurangan dalam penulisan makalah ini, maka dari itu penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari pembaca demi mencapai kesempurnaan pada makalah ini.

 

4 analisis yang telah saya baca dengan menggunakan Penelitian Kualitatif berdasarkan kasus nya :

1.      Studi Kasus : Strategi Komunikasi


Analisis yang Pertama  berjudul "Analisis Strategi Komunikasi Pimpinan dalam Meningkatkan Prestasi Kerja Karyawan Pada Bank Tabungan Pensiun Nasional Mitra Usaha Rakyat (BTPN MUR) Kantor Cabang Pembantu 10 UluPalembang.      Pembimbing l Ibu Dr. Hj. Ummiyati Idris, SE., M.Si. dan Pembimbing ll  Bapak Ferdy Anthonius, S.Sos., MM. , JumlahHalaman72,TanggalPengesahan30 Nesember  2016

Pencapaian prestasi kerja dalam suatu organisasi tentunya tidak dapat dipisahkan dari komunikasi yang terjalin antar lini dalam organisasi itu sendiri, baik itu komunikasi antarpimpinan, komunikasi antara pimpinan dan bawahan, maupun komunikasi antar sesama karyawan bawahan. Dengan adanya komunikasi yang baik, suatu organisasi dapat berjalan lancar dan berhasil. Begitu pula sebaliknya, Oleh karena itu komunikasi sangat dibutuhkan dalam pencapaian tujuan organsasi sebagai wujud pretsasi kerja sebagaimana yang telah direncanakan. BKesimpulan Strategi komunikasi pimpinan dalam meningkatkan prestasi kerja karyawan pada Bank Tabungan Pensiun Nasional Mitra Usaha Rakyat (BTPN MUR) Kantor Cabang Pembantu 10 Ulu Palembang adalah sebagai berikut. 1) Penerapan Teknik komunikasi Teknik komunikasi yang diterapkan pimpinan adalah redudanct atau TD Nar No Ale répetition, informatif, persuasif, edukatif, dan koersif.

Saran yang dapat dikemukakan adalah sebagai berikut. 1) Perlunya peningkatan disiplin bagi karyawan dalam melaskanakan setiap pekerjaan agar dapat mencapai tujuan perusahaan secara lebih optimal. 2) Menambah/memperluas tempat pelayanan bagi konsumen atau nasabah bank sehingga lebih leluasa dalam melakukan transaksi. 3) Meningkatkan berbagai fasilitas perusahaan agar tercipta kondisi yang ID Anggotu Nama An Nomor Ide Alamat/h Telepon nyaman di perusahaan tersebut.

Teori Komunikasi Secara etimologi, komunikasi berasal dari bahasa Latin communico yang berarti membagi. Yang dimaksud membagi adalah membagi gagasan, ide, atau pikiran antara seseorang dan orang lain (Cangara dalam Shoelhi, 2009:2). Menurut Bernard Berelson & Gary A. Steiner (dalam Dedy Mulyana, 2005:68), "Komunikasi adalah transmisi informasi, gagasan, emosi, keterampilan, dan sebagainya, dengan menggunakan simbol-simbol – kata-kata, gambar, figur, grafik dan sebagainya".

Definisi Operasional Variabel yang diteliti pada penelitian ini adalah variabel tunggal atau variabel yang hanya mengungkapkan atau mendeskripsikan unsur-unsur atau faktor-faktor dalam setiap gejala yang termasuk dalam varaibel tersebut. Adapun variabel tunggal penelitian ini adalah: analisis strategi komunikasi dalam meningkatkan prestasi kerja karyawan pada Bank Tabungan Pensiun Nasional Mitra Usaha Rakyat (BTPN MUR) kantor cabang pembantu 10 Ulu Palembang

 

2.      Studi Fenomenologi



Analisis Kedua Berjudul "Fenomenologi Plotagraph Pada Komunitas Fotografi Palembang (Studi Kasus Perkembangan Plotagraph Pada Komunitas Potret Hunting Palembang" , Karya : HusnulMahfuzAlfacza , bimbingan l Sumarai Bayu Anita, S.Sos., M.A dan Pembimbing ll Ardiansyah, S.IP., M.Si  Jumlah Halaman 82 , Tanggal Pengesahan 11 Mei 2018

 Fenomena plotagraph menjadi trendi dalam dunia seni fotografi, dikarenakan seni plotagraph ini merupakan penggabungan gambar 2D menjadi 3D. Bertolak dari pemikiran demikian penelitian ini dilakukan dalam upaya melihat sampai sejauhmana perkembangan plotagraph dalam dunia fotografi terutama terhadap komunitas-komunitas fotografi. Penelitian ini dilakukan terhadap salah satu komunitas fotografi di kota Palembang yaitu komunitas Potret Hunting Palembang. Alasan pemilihan komunitas ini karena jumlah populasi anggotanya relative banyak. Pengumpulan data yang dilakukan melalui kegiatan wawancara terhadap 5 anggota komunitas Potret Hunting Palembang.

Kesimpulan Dari hasil penelitian yang telah dilakukan peneliti menyimpulkan bahwa fenomena plotagraph memang cukup viral bagi para pencita fotografi tetapi tidak pada beberapa komunitas-komunitas fotografi. Bagi para komunitas fotografi adalah suatu hobi yang dilakukani haik secara individu ataupun kelompok. Berdasarkan hobi tersebut, individu yang terdapat dalam komunitas, tidak anya meminati satu jenis saja tetapi berbagai jenis fotografi.

Saran Dari hasil ini peneliti menyarakankan bahwa dunia fotografi adalah dunia dimana sescorang untuk menciptakan kreatifitas individu melalui lewat gambar, maka dari itu dunia fotografi adalah dunia yang cocok bagi seseorang untuk meningkatkan kreatifitas mereka dengan meningkatkan ketajaman kepada suatu objek serta menimbulkan wawasan baru terhadap objek yang di ambil.

 

3.      Studi Analisis Wacana



Analisis Ketiga adalah berjudul "Analisis Wacana Krisis Pemeritaan Konflik Antara Khabib Nurmagebov Dengan  Conor  Mcgregor Pada Media Online. Tribunsumses.Com" Karya Amelia Fransisca  pembimbing l : icuk M. Sakir, S.Sos., M.SI Pembimbing II Dr. H Mat Syuroh,  MM.,Si Jumlah Halaman 118 ,  Tanggal Pengesahan 27 April 2019 .

 berita adalah hasil dari kontruksi-kontnuksi sostal pekerja-pekerja media Berita di media pada dasamnya adalah realita yang disusun hingga membentuk sebuali cerita atau wacuna yang bermakna Sebagai surat kabar online, TribunSumsel.com menjadi media yang memberitakan konflik antara Khabib Nurmagomedov dengan Conor McGregor.

Kesimpulan Dari hasil penelitian ini ditemukan data-data yang mampu membuktikan Tujuan Media nasional di Indonesia khususnya media online bunyak yang mengangkat pemberitaan tentang konflik antara Khabib Nurmagedov dan Conor MeGregor, salah satunya TribunSumsel.com.

 Menyediakan informasi yang terpercaya untuk memberikun spirit baru dan mendorong terciptanya demokratis di daerah, Pemberitaan di TribunSumsel,com selalu mengedepankan fakta di setiap pemberitaannya Setelah peneliti melakukan penelitian, akhirnya peneliti bisa menjawab pertanyaan di rumusan masalah.

 

Teori Penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan masukan dan referensi yang bermanfaat pada pengembangan penelitian dibidang Ilmu Komunikasi, khususnya media online yang berhubungan dengan analisis wacana kritis Norman Fairclough dalam penyajian pemberitaan sebuah media.

Definisi Operasional  Agar sesuai dengan tujuan dan tidak terjadi kesalahpahaman dalam memahami konsep skripsi ini, maka perlu adanya pembatasan pengertian yang menjadi bahan pada judul. Adapun definisi konsep pada skripsi ini adalah: 1. Analisis Wacana Kritis (AWK) adalah analisis bahasa dalam penggunaannya dengan menggunakan bahasa kritis. 2. Berita merupakan informasi yang layak disajikan kepada publik.

4.      Studi Semiotika

 



 Analisis Ketiga adalah berjudul  " REPRESENTASI SEMIOTIKA MAKNA ANTAGONISME ARTHUR FLACK PADA FILM JOKER SKRIPSI " Karya Juliati Ardana ,Pembimbing Budi Santoso, M.Comn Jumlah Halaman 77 , Tanggal Pengesahan 10 juni 2020 .

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui representasi Makna Antagonisme pada film JOKER (2019). Topik ini menarik untuk diteliti karena di film ini menceritakan latar Belakang Kehidupan Seorang JOKER dan Karakter dari Makna Antagonisme nya Tersebut. Selain itu, di film ini JOKER yang di kenal sebagai Tokoh Fiksi penjahat namun ia mempunyai sisi yang melankolis dalam hidupnya yang terdapat makna Antagonisme yang dilihat dari beberapa adegan dalam film yang di perankan olch Arthur Flack.

 peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode semiotika dan menggunakan Teori Roland Barthes dalam fikm JOKER karya Todd Philips dan Scott Silver untuk analisisnya Denotasi,Konotasi, dan Mitos, bukti bahwa film ini mengandung banyak makna Antagonismenya Kata Kunci : Representasi, Makna Antagonisme, Film.

kesimpulan hahwa film JOKER yang merupakan teori dari dari Roland Barthes makna Renresentasi Antagonisme dalam film JOKER Bahwa kejahatan yang dilakukan ioker bukanlah semata bertujuan materi dan sekedar mengacaukan kota, tetapi joker justru menginginkan Objek penelitian dalam penyusunan skripsi ini adalah film Amerika Serikat yang diliris pada tahun 2019 dan berjudul JOKER yang disutradarai oleh Todd Philips.

Demikianlah Analisis Skripsi yang saya buat ini, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan para pembaca Kami mohon maaf apabila ada kesalahan dalam penyusunan ,Karena saya hanyalah manusia biasa yang tak luput dari kesalahan Dan kami juga sangat mengharapkan saran dan krtik dari para pembaca demi kesempumaan Kliping ini. Sekian penutup darn kami semoga dapat diterima di hati dan kami ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya.

 

 

 

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

INTERNAL RELATIONS

HUBUNGAN INTERNAL Public Relations yang di Indonesia secara umum diterjemahkan menjadi Hubungan Masyarakat, sebenarnya baru dikenal pada abad ke-20, namun gejalanya sudah tamapk sejak abad-abad sebelumnya, bahkan sejak manusia masih primitif. Unsur-unsur dasarnya memberi informasi, membujuk, dan mengintegrasikan khalayak selalu tampak dalam kehidupan masyarakat zaman dahulu. Gejala tersebut terlihat pada adanya hubungan yang harmonis diantara individu-individu, individu dengen kelompok, ataupun antar kelompok, di dalam pergaulan mereka. INTERNAL PUBLIC RELATIONS Sudah tentu suasana di dalam badan atau perusahaan menjadi target dari tugas Internal Public Relations, terutama suasana diantara para karyawannya yang mempunyai hubungan langsung dengan perkembangan badan atau perusahannya. Kegiatan Public Relations (PR) ke dalam perusahaan tersebut diperlukan untuk memupuk adanya suasana yang menyenangkan di antara para karyawannya, komunikasi antara bawahan dan pimpinan atau ...